Efek Penggunaan Winglet Pada Motor Suzuki dan Aprilia

winglet.jpg

Tampaknya efek positif penggunaan winglet pada Ducati cukup membuat pabrikan lain merasa terkejut. Setelah yamaha juga mengaplikasikan winglet pada YZF-M1, kemudian disusul Honda, kini giliran Suzuki dan Aprilia memasang winglet di motornya. Seberapa efektif sih penggunaan winglet tersebut??winglet-suzuki

Di Suzuki, mereka menggunakan winglet dengan desain yang mirip pada mobil F1, sementara Aprilia meniru winglet seperti milik Ducati. Hasilnya??Kalo dilihat dari hasil laptime di sirkuit Jerez kemarin, performa Aleix espargaro cukup mengejutkan, dia mampu tembus ke 5 besar.

Sebenarnya penggunaan winglet di Sirkuit Jerez tidak terlalu  besar pengaruhnya, karena termasuk sirkuit yang mempunyai tikungan pendek. Tapi penggunaan winglet ini berpengaruh setelah trek lurus panjang sehingga bisa mendapatkan grip maksimal pada saat maksimal. Pastinyas bisa membuat Espargaro nyaman ketika melakukan hard breaking.Winglet_Aprilia_jerez.jpg

Sementara dengan digelarnya race di eropa, pengembangan tim tim termasuk Aprilia menjadi lebih baik karena dekat dengan markas tim. Stefan Bradl juga kebagian mencicipi winglet di motornya. Hasil terbaik Bradl ada di posisi 15 pada FP2.

Memang beberapa pembalap sudah merasakan efek positif dari winglet ini, tetapi jika penggunaannya tidak emiliki batas, justru berbahaya bagi pebalap. Contohnya saat di GP Argentina, Winglet tim Ducati menyenggol Marq Marquez.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s