Manfaat Bermain Game Bersama Anak

Bermain game udah jadi lebih dari sekedar hobi buat beberapa orang, bahkan udah ada yang menjadikan game sebagai sebuah profesi dan bahkan penghasilannya sudah mencapai milyaran rupiah. Bahkan saya pun setiap hari ane luangin waktu 1-2 jam buat maen game, tentuunya buat hilangin stres akibat kerja..hehhe

Bermain game buat yang masih single sih oke-oke aja meskipun maen seharian pun gak ada yang ngelarang, apalagi kos sendiri, bisa gak keluar rumah tuh (penglaman saya sendiri). Tapi buat mereka yang sudah punya anak, gimana sih manfaat sebenarnya dari bermain game bersama anak?? ini yang bakalan saya bahas . . cekidot

Beberapa orang ada yang berpendapat kalau anak bermain game justru bisa merusak otak anak aja, apalagi jenis game yang isinya nembakin atau bunuh orang. Di luar sana kan udah banyak kasus anak kecil yang jadi anarkis akibat pengaruh game dan gak bisa meengendalikan emosi gara-gara kebanyakan main game. Gak ada manfaatnya sama sekali ! Tapi apakah semua game seperti itu??

Ternyata tidak semua bisa berakibat seperti itu. DI luar negeri sudah banyak riset yang menyatakan bahwa bermain game ternyata ada manfaatnya juga terhadap tumbuh kembang anak. Misalnya hasil penelitian dari Brock University di Canada yang menyatakan bahwa bermain game justru mampu meningkatkan kemampuan problem-solving anak.

beberapa dari kita pasti juga menghindari banget tuh ysng namanya bermain game bersama anak, selain karena si anak tersebut ngerusuhin kita tapi  juga takut kalau si anak nanti terkena dari dampak buruk dari bermain game. Tapi ternyata dari banyak riset di luar sana, bermain game bersama anak bisa membangun hubungan antara ayah dan anak. Masih dari riset di atas, terlepas dari perbedaan jenis kelamin si anak, anak-anak yang bermain game bersama orangtuanya ternyata  memiliki tingkat keterbukaan dengan keluarga yang lebih tinggi, serta dengan komunitas sekitar bisa memiliki ketertarikan yang lebih tinggi.

Terutama buat para ayah nih, bermain game bersama anak tentunya bisa meningkatkan bonding bersama anak. Karena bisa berbagi kesukaan yang sama dengan anak. Tidak cuma itu saja, saat bermain dengan anak akan terbangun juga keterikatan yang unik antara ayah dan anak karena melakukan kegiatan bersama; apalagi kalo game yang di mainin sifatnya team-play.

Tapi tentunya bermain game bersama anak ada beberpa hal yang harus di perhatikan. Tidak semua game bisa di mainin bersama anak. Kalo bisa sih pilih game yang sifatnya edukatif dan tidak ke arah kekerasan.

Jadi jangan takut ajak anak anda buat bermain game bareng anak, asalkan gamenya cocok dan sesuai dengan umur si anak dan tentunya kegiatan ini bisa membawa manfaat yang positif; baik terhadap anak maupun orang tua.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s