Indonesia Gelar MotoGP 2017

Foto Ilustrasi HeadLines Sentul Dromo

Akhirnya apa yang di harapkan para pecinta balap indonesia terwujud. Dorna dengan remsi memberi slot untuk mengadakan salah satu seri motoGP 2017 di sirkuit sentul. Dengan adanya keputusan ini, maka pemerintah harus bergerak cepat untuk mematangkan persiapan gelaran tersebut. Diantranya adalah renovasi sirkuit sentul. 

“Menjadi kehormatan buat kami di sini setelah pertemuan sebelumnya bulan Mei di Jakarta. Dari jeda waktu antara Mei hingga sekarang memang sudah ada banyak keputusan yang telah diambil, termasuk salah satunya Dorna Sport dan FIM telah memutuskan untuk memberikan salah satu slot 2017 kepada Indonesia,” kata Carmelo Ezpeleta.

Secara spesifik ada tiga poin penting yang dihasilkan dalam pertemuan tersebut. Antara lain pemerintah diminta untuk melakukan percepatan soal disusunnya Letter of Intent (LOI) dan Master Plan. Dua hal ini penting mengingat Dorna akan melakukan general assembly pada akhir November mendatang–pada sidang umum itu, komitmen Indonesia sebagai tuan rumah akan dibahas dan ditinjau.

“Tapi perlu diketahui juga bahwa banyak negara lain yang sudah mengantre atau bersaing menjadi tuan rumah. Untuk itu, Indonesia diharapkan bisa begerak cepat untuk mematangkan segala persiapan, khususnya sampai akhir bulan November. Karena selain persiapan itu, Indonesia juga harus membuat master plan,” ucapnya menambahkan.

“Tapi seperti yang sudah dibahas dengan Bapak Menteri ada beberapa kendala terkait dengan birokrasi, makanya kami juga akan bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dan akan bekerja keras untuk melakukan segala persiapan agar Indonesia menjadi tuan rumah 2017,” ucap Carmelo Ezpeleta.

Hal senada diungkapkan Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora Gatot S, Dewa Broto. Menurutnya dalam pertemuan tadi Menpora Imam Nahrawi sangat mengapresiasi keputusan Dorna yang menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP.

“Beberapa poin yang disampikan bahwa pemerintah bersungguh-sungguh ingin menjadikan Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP. Initial letter sudah diberikan kepada pihak Dorna meski Dorna mengingatkan dua hal penting yang perlu yaitu LOI dan Master Plan, dan itu ditunggu pada bulan November,” ungkap Gatot.

“Di samping itu, kami akan segera disusun keputusan presiden terkait penyelenggaraan MotoGP karena harus ada payung hukumnya. Intinya, menteri menyampaikan kepada pihak Dorna bahwa bukan tidak ada maksud untuk mempercepat dari persiapan atau komitmen pihak Indonesia tetapi karena aturan dan birokrasinya sangat ketat sekali. Pemerintah Indoensia akan berusaha semaksimal mungkin.”

“Menteri merasa bahagia dapat kepercayaan untuk jadi penyelenggara MotoGP karena menurut Carmelo sesungguhnya banyak negara yang juga berminat menjadi kompetitor seperti Thailand, Brazil, Chile, Kazakstan, itu yang diantaranya berkeinginan sekali,” sebutnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s